Friday 29 May 2015

RESUME FILM ‘AN INCONVENIENT TRUTH’ (Al Gore)


An Inconvenient Truth merupakan film dokumenter, biografi, sekaligus kampanye yang bercerita tentang Al Gore dan perjalananya dalam mendidik publik tentang parahnya sistem iklim dunia saat ini. Film dokumentasi tersebut merupakan kunci dari presentasi Al Gore tentang eksplorasinya mendapatkan data dan prediksinya mengenai dampak perubahan iklim di seluruh dunia dan potensi bencana yang disebabkannya.
Dalam film tersebut, Gore juga membuka diskusi tentang opini ilmiah terkait dengan perubahan iklim, juga tentang dampak sekarang dan masa depan terkait efek global warming dan menekankan bahwa perubahan iklim bukanlah masalah yang menyangkut politik namun lebih ke masalah yang menyangkut moral dan perilaku manusia. Dalam penjelasannya tentang konsekuensi perubahan iklim, Gore percaya bahwa perubahan iklim global akan menghasilkan kalau jumlah gas rumah kaca yang dihasilkan oleh manusia tidak berkurang secara signifikan dalam waktu yang singkat. Gore juga menyampaikan tentang data es Antartika yang menunjukkan tingkat atau kadar CO2 lebih tinggi dibandingkan dengan 650 ribu tahun terakhir.
Pada film tersebut juga terdapat segmen atau bagian yang membantah kritik yang mengatakan bahwa pemanasan global tidak terbukti, dan dunia ini tidak sedang mengalami kondisi pemanasan yang signifikan. Sebagai contohnya, Gore membahas kemungkinan runtuhnya lapisan es besar di Greenland dan Antartika Barat. Dimana apabila es tersebut runtuh dan mencair, akan menyebabkan naiknya permukaan lau global setinggi sekitar 20 kaki. Apabila hal tersebut terjadi, tentunya akan menyebabkan banjir di daerah pesisir dan membuat 100 juta penghuni menungsi. Karena salinitas air yang lebih rendah, membuat lelehan air dari Greenland dapat menghentikan arus laut yang membuat Eropa Utara hangat dan dapat memicu pendinginan dramatis local dengan cepat di daerah tersebut.
Film dokumenter tersebut berakhir saat Gore mengatakan jika tindakan yang tepat perlu diambil dalam menghadapi efek pemanasan global terkait perubahan iklim. Efek dari global warming dapat dihilangkan dengan mengurangi pelepasan CO2 dan menanam vegetasi yang dapat mengurangi pelepasan CO2 berlebih di atmosfer.

Sepanjang film Gore juga menekankan bahwa planet Bumi yang indah ini perlu dijaga dengan berbagai macam cara. Di bagian akhir film ini ia memberikan kesimpulannya terkait efek dari global warming dengan mengatakan, “Masing-masing dari kita adalah penyebab global warming, tapi masing-masing dari kita dapat mengubahnya dengan sesuatu yang kita beli, listrik yang kita gunakan, mobil yang kita kendarai, kita dapat membuat pilihan untuk mengurangi emisi karbon menjadi nol. Solusinya ada di tangan kita. Hanya saja, kita harus memiliki tekad dalam mewujudkanya. Kita punya segalanya untuk mengurangi emisi karbon, segalanya kecuali keinginan politik. Tapi di Amerika, kemauan untuk bertindak adalah sumber daya terbarukan.”