Sunday 12 October 2014

RESUME BBC - Time Machine



Film ini menceritakan tentang perjalanan waktu dengan mengupas secara mendalam bagaimana waktu itu mempengaruhi manusia dari masa ke masa. Waktu itu tidak mengalami perubahan, tapi kitalah yang berubah seiring berjalannya waktu. Otak manusia sangatlah istimewa, ia memindai objek secara detail, sama seperti lalat dengan matanya yang besar bisa memindai setiap objek dengan detail, bahkan melihat televisi seperti gambar yang bergaris-garis. Tapi karena otak kita istimewa, secara tidak sengaja, dia bisa memindainya dengan detail, tapi itu pilihan kita ingin menyimpan informasinya atau tidak.
            Orang Mesir adalah yang pertama membagi waktu dengan melihat fase-fase bulan, kemudian menandai setiap fase bulan tersebut sesuai dengan  peristiwa musim-musim yang terjadi di alam. Mereka juga sudah menemukan jam matahari pertama, dimana menggunakan bayangan matahari untuk menentukan waktu khususnya jam.
            Manusia memiliki waktu alami, yang diatur pula secara alami oleh otak yang disebut dengan jam biologis. Bagian otak yang mengatur jam biologis ini adalah hipotalamus. Setiap kegiatan manusia mempengaruhi jam biologisnya, seperti misalnya terlalu banyak minum minuman beralkohol pada malam hari, menyebabkan susah tidur, sehingga di pagi harinya akan menimbulkan rasa sakit yang pada akhirnya kita meminum obat penenang sebagai solusinya.
            Di alam kekuatan dingin sangatlah kuat, kristal-kristal es dapat mematikan sel-sel kita. Tapi ada beberapa serangga yang dapat bertahan hidup saat membeku itu karena keistimewaannya dalam menyimpan oksigen sehingga sel-selnya tetap hidup saat membeku. Oksigen sangat dibutuhkan dalam pernapasan. Tapi di alam ini tidak semuanya yang kita hirup adalah oksigen yang segar. Ada kalanya yang kita hirup tersebut menyebabkan penuaan, karena banyak partikel-partikel radikal bebas di alam. Oleh karena itu kita membutuhkan antioksidan sebagai penangkal penuaan. Dan biasanya zat-zat antioksidan tersebut terdapat di dalam sayuran. DNA dalam melakukan duplikasinya kadang bisa kehilangan sebagian informasinya, sehingga hal itulah yang menyebabkan tubuh kita sangat berbeda dari keadaan awal. Seiring dengan berjalannya waktu, penuaan tidak dapat dihindari. Pada tahun 1952 di Inggris, orang-orang yang genap berusia 100 tahun diberikan kartu ucapan selamat ulang tahun oleh Ratu Inggris.
            Beralih dari proses penuaan, waktu juga bisa mengubah keadaan alam. Suku-suku di Australia pertama kali menemukan api. Dengan menggunakan api tersebut mereka membabat hutan dan terciptalah tanah lapang dengan lebih cepat. Namun seiring dengan berjalannya waktu, alam semakin mendukung proses pembentukan lahan lapang itu melalui kekeringan. Dimana sungai mulai mengering, air di kontinental Autralia juga mulai surut dan berkurang, sehingga lambat laun, danau yang luas penuh terisi air pun menghilang.
            Alam juga sangat kaya dengan energi. Kita bisa memanfaatkan energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Kehidupan di jaman sekarang ini tidak dapat berlangsung tanpa listrik. Hanya dibutuhkan waktu beberapa dekade saja untuk mengubah sebuah lahan yang kosong seperti Las Vegas menjadi sebuah kota yang besar karena jasa listrik. Tapi hal itu ternyata tidak hanya terjadi di Las Vegas, tapi di seluruh dunia. Las Vegas adalah kota yang tidak pernah tidur. Casino, judi, dan tempat makan buka setiap hari selama 24 jam, hal ini kemudian mempengaruhi perilaku hewan, tumbuhan, dan manusia yang ada di dalamnya.
            Dengan semakin bertambahnya manusia, semakin bertambah pula kebutuhan akan pangan, sehingga banyak hutan yang telah berubah menjadi persawahan demi mencukupi kebutuhan pangan manusia di dunia. Teknologi juga dimanfaatkan dengan baik, sehingga mesin-mesin modern mengambil alih pekerjaan manusia dan dihasilkanlah produk pangan yang lebih banyak dalam waktu singkat. Seperti misalnya produksi tomat di rumah kaca. Dengan rumah kaca modern yang mampu mengatur kehangatan suhu ruangan di dalamnya, mampu mempengaruhi siklus hidup tomat, sehingga tomat matang dua kali lebih cepat. Hal ini berpengaruh pada efisiensi waktu, sebab di era teknologi canggih seperti sekarang, jika manusia bisa menyingkat waktu maka lebih banyak uang yang akan didapatkan. Contoh lain bisa kita lihat pada lahan pertambahangan emas, aluminium, besi, batu bara, dan lain sebagainya yang merupakan material-material alam yang menopang pembangunan gedung. Teknologi canggih dan mesin-mesin canggih bisa melakukan penambangan dengan cepat, sehingga waktu 30 bulan untuk membuka lahan penambangan, bisa dipersingkat menjadi hanya 30 hari serta dihasilkan lebih banyak bahan galian.
            Selain itu jaman sekarang, teknologi di bidang trasportasi juga ikut berkembang seperti mobil dan pesawat yang digunakan untuk mempercepat perpindahan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya, atau dengan kata lain untuk menghmat waktu. Bahkan mulai dikembangkan untuk membuat mesin waktu dengan menggunakan teori relativitas Albert Einstein, dimana jika manusia bisa membuat sebuah pesawat yang mampu melebihi kecepatan cahaya, maka manusia bisa menembus ruang dan waktu dan menjadi pengelana waktu. Para ilmuwan juga sudah menemukan worm hole, yaitu terowongan pertemuan dua titik waktu yang berbeda. Sehingga di masa depan sangat mungkin bagi penjelajah waktu untuk kembali ke masa lalu atau menuju masa depan. Tapi sekali lagi, waktu itu tidak berubah, kitalah yang berubah seiring dengan perjalanan waktu.


            Meskipun judul film karya BBC ini bukan benar-benar membahas tentang mesin waktu, tetapi isi film ini sangat menarik karena di dalamnya menjelaskan secara detail dengan contoh-contoh yang rinci bagaimana waktu itu sangat berharga dan manusia tidak berdaya di bawah pengaruh sang waktu. Analogi-analogi di film ini dengan berhasil menggambarkan bahwa sebenarnya bukan kitalah yang mempengaruhi waktu, tapi waktu yang mempengaruhi kita. Sebab waktu itu sangat berharga hingga muncul istilah “Time is Money”. Di jaman sekarang hal itu memang benar adanya. Film ini membuka wawasan kita bahwa waktu memang sangat berharga. Film ini sangat cocok ditonton oleh semua usia, khususnya remaja dan dewasa yang sudah mulai mengerti akan berharganya waktu bagi hidup ini.